LEMBAR PENGESAHAN
Nama : Dewi Putri Sihite
Nomor Induk Mahasiswa : 12103160280
Judul Makalah : Pengaruh Perpustakaan Sekolah
terhadap Mutu
Pendidikan di Sekolah
Disetujui dan
dipertanggungjawabkan oleh nama diatas periode Semester Ganjil tahun ini.
Saya ucapkan
terimakasih.
Jakarta 20 November 2012
Pembimbing
_________________________
(Drs. Silan Susanto,M.Pd)
KATA PENGANTAR
Segala puji kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, yang
telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan.
Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan
baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat
mengetahui seberapa besar pengaruh perpustakaan sekolah terhadap mutu
pendidikan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang
datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang "Pengaruh
Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah" dan sengaja
dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat
dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih
kepada guru/dosen penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini mudah-mudah
dapat diterima. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas
kepada pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih
banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran
yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi
pembaca dan teman-teman. Amin.
Penulis
Dewi Putri Sihite
DAFTAR
ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
C.
PEMBATASAN MASALAH.
D.
PERUMUSAN MASALAH
BAB II PEMBAHASAN
A.
TUJUAN PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
B.
FUNGSI PERPUSTAKAAN
SEKOLAH.
C.
SUMBANGAN PERPUSTAKAAN
TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
BAB III PENUTUP
A.
KESIMPULAN
B.
SARAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi
selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan
perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara
berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya
manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang
dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan,
memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa
negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang
cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk
jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar.
Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka
jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan
kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku
terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan
dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan
perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan
tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital
dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, buku
terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan
dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan
harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan
mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan
besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja
dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat
dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
B.
IDENTIFIKASI MASALAH
Sesuai dengan judul makalah ini
“Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait
dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan
perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut:
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.
Bagaimana peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2.
Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah
benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
3.
Bagaimana peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
C. PEMBAHASAN
MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka
masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
1.
Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program
pendidikan di sekolah;
2.
Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar
dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. PERUMUSAN
MASALAH.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan
masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut
:
1.
Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2.
Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan
sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB
II
PEMBAHASAHAN
PEMBAHASAHAN
Perpustakaan merupakan bagian
integral dari lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik
berupa buku maupun bukan buku. Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan
meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan
terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan
sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur
sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan
melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di
samping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan
bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar. Namun secara
operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan
program di sekolah, diantaranya adalah :
1.
Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan
membaca.
2.
Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi
bacaan.
3.
Memperluas pengetahuan para siswa.
4.
Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan
daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5.
Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan
memelihara bahan pustaka dengan baik.
6.
Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7.
Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk
belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan
efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8.
Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang
pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler,
kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B.
FUNGSI
PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat
dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1.
Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah
perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu
membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan
kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu
membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara
bahan pustaka dengan baik.
2.
Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah
perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai
cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur
dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam
mencari informasi yang diperlukannya.
3.
Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif
ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan
bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan
efisien.
4.
Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah
perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan
buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan
para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5.
Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah
perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek
penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C. Sumbangan
Perpustakaan terhadap pelaksanaan program Pendidikan di Sekolah.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan
sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program
pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1.
Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan
dan pusat kegiatan belajar.
2.
Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang
dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan
kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3.
Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup
memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap
sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4.
Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan
memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan
yang beraneka ragam.
5.
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para
siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan
efektif.
6.
Perpustakaan akan membantu para siswa dalam
meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7.
Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca,
sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8.
Perpustakaan memberikab kepuasan akan
pengetahuan di luar kelas.
9.
Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat
memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan
memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan
merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup
membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan
/ minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat
berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
13. Bila
minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan
juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif
terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan
perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan,
yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara
mereka.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan "Peranan Perpustakaan
Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah" dapat disimpulkan bahwa :
1.
Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi
pendidikan di sekolah.
2.
Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada
setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3.
Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan
sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak
sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun
memberikan saran sebagai berikut:
1.
Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan
tujuan dan fungsinya.
2.
Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang
profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan
yang handal dan professional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar